Pelanggar Lalu-lintas di Mojokerto Justru Dapat Masker dan Helm
Info

Pelanggar Lalu-lintas di Mojokerto Justru Dapat Masker dan Helm

Mojokerto (beritajatim. com) – Operasi Zebra Semeru 2020 yang digelar Polres Mojokerto, Jumat (30/10/2020) kali ini bertentangan. Jika sebelumnya pelanggar akan memperoleh sanksi tilang, namun kali ini petugas memberikan masker dan helm saat menjumpai pengendara sepeda motor yang kedapatan tak tertib berlalu-lintas.

Operasi Zebra Semeru 2020 kali ini digelar pada Jalan Gajah Mada depan Rekan Legi Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Untuk menjaring pengendara yang melanggar lalu-lintas, petugas menggunakan kostum Iron Man dan mempermainkan icon Satlantas Polres Mojokerto yaitu Dibala.

“Kostum superhero dan bonek Dibala dihadirkan secara tujuan menghilangkan stigma jika operasi kepolisian yang dilakukan terkesan menegangkan dan tidak bersahabat. Terbukti banyak anak-anak kecil dan keluarga malah minta foto dengan tokoh superhero dan boneka Dibala, ” ungkap Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander.

Pengendara yang terlihat tidak menggunakan helm langsung diberikan masker dan helm. Namun lanjut Kapolres, tentunya diimbangi dengan edukasi terkait pentingnya menggunakan helm buat keselamatan dan tertib dalam berlalu-lintas. Kapolres juga mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi saat ini.

Yakni dengan getol mencuci tangan, menggunakan masker masa beraktivitas di luar rumah & menjaga jarak. Kapolres juga menyerahkan striker kepada pengendara ajakan menggunakan masker dan Operasi Zebra Semeru 2020 yang sedang digelar sebab Polri hingga dua pekan mendatang.

“Kita tidak hanya terpaku pada penindakan pelanggar lalu-lintas, tetapi lebih mengedepankan simpatik dan edukasi kepada masyarakat untuk sadar secara pribadi tentang pentingnya melestarikan kesehatan. Yakni dengan tetap memakai masker, mencuci tangan termasuk mengelola keselamatan di jalan serta mengindahkan aturan lalu lintas, ” katanya.

Menurutnya, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti zaman ini, jangan sampai operasi kepolisian yang digelar justru memberatkan untuk masyarakat. Operasi Zebra Semeru 2020 sendiri digelar mulai tanggal 26 Oktober hingga 6 November 2020. [tin/kun]