ketua-dpr-puan-maharani-sebut-energi-pariwisata-banyuwangi-adalah-budaya-1
Info

Ketua DPR Puan Maharani Ucap Energi Pariwisata Banyuwangi Ialah Budaya

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Banyuwangi (beritajatim. com) – Ketua DPR RI Hawa Maharani  berkunjung ke Banyuwangi. Beberapa tempat menjadi tempat persinggahan untuk dinikmati. Dalam sela-sela kunjungannya, Puan membicarakan Banyuwangi kental akan halus dan budaya. Dia menyatakan seni dan budaya menjelma faktor penting dalam membuat kepribadian bangsa.

“Seni dan budaya adalah salah satu pilar dalam dalam membangun kepribadian kerabat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara, ” kata Puan saat mengunjungi Sanggar Genjah Arum dalam kawasan Desa Wisata Osing, yang berlokasi di Tempat Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Selasa (1/3/2021) malam.

Misalnya, kata Puan, adalah suku Osing yang masih cakap terawat di Bumi Blambangan ini. Masyarakat Osing secara sistem sosial dan budayanya menyimpan banyak kearifan lokal yang bisa menjadi pembelajaran bagi generasi sekarang. “Kita harus merawat budaya lokal warisan leluhur, ” tegasnya.

Puan berharap pelestarian  seni dan budaya suku Osing juga berdampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat. “Budaya adalah gaya pariwisata. Jadikan ini jadi modal untuk menarik wisatawan asing datang ke Banyuwangi sehingga bisa menggerakan perekonomian warga setempat, ” ujarnya.

Tak beradu di sini, Puan serupa turut berbaur menyatukan secara arah budaya Banyuwangi. Salah satunya menyangrai kopi Arabica yang masih tersaji dengan tradisional dan kental dikerjakan oleh masyarakat.

Tambah gayeng, saat dua tarian tradisional suku Osing yakni Tari Gandrung dan Tari Jaran Goyang berpadu menyambutnya. Hawa menyampaikan apresiasinya kepada seniman Osing dan Banyuwangi dengan terus berkarya ditengah pandemi Covid 19. “Tentu harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, ” ujar mantan gajah koordinator termuda ini.

Tak lupa, dirinya juga meminta agar negeri terus memperhatikan nasib karakter budaya dan pariwisata sebab dampak pandemi covid 19. Sementara itu, Bupati Menyemaikan menyambut baik ujaran dan pernyataan Ketua DPR RI tersebut. Dia menyebut Pemkab Banyuwangi telah berupaya mendaulat budaya sebagai modal di membangun daerah.

“Bagi Banyuwangi, menjaga adat yang hidup di klub amatlah penting. Bahkan, event-event seni dan budaya menempati porsi terbesar agenda wisata Banyuwangi Festival sebagai wujud keberpihakan pemerintah pada pengekalan seni, budaya, dan tradisi lokal, ” pungkas Ipuk. (rin/kun)