Idul Adha, Bupati dan Wakil Tumenggung Pamekasan Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Info

Idul Adha, Bupati dan Wakil Tumenggung Pamekasan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Pamekasan (beritajatim. com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam bersama Wakil Bupati Raja’e dan sejumlah jajaran Forum Arahan Daerah (Forpimda) setempat, melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istimewa Asy-Syuhada’ Pamekasan, Jum’at (31/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, rombongan bupati juga harus menjalai metode pemeriksaan dari para takmir langgar sebagai langkah antisipatif, sekaligus implementasi protokol kesehatan dalam rangka menghalangi penyebaran wabah virus corona alias Covid-19.

Bahkan zaman memasuki kompleks masjid agung, bupati beserta rombongan juga harus melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh hingga disemprotkan cairan sanitizer. Termasuk penerapan bangun jarak (physical distancing) bagi para-para jemaah saat berada di di dalam masjid.

“Seperti pengamalan salat idul fitri 1441 Hijriyah, pelaksanaan salat ied (Idul Adha) saat ini juga kita terapkan protokol Covid-19. Tujuannya sebagai langkah perkiraan sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona, ” kata salah utama pengurus alias Ta’mir Masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan.

Tidak hanya bagi rombongan bupati dan wakil bupati, penerapan protokol kesehatan juga berlaku untuk masyarakat umum khususnya para kelompok yang hendak melaksanakan salat idul adha di masjid yang berkecukupan di pusat kota Pamekasan.

“Jadi penerapan protokol kesehatan tubuh ini berlaku bagi seluruh jemaah tanpa terkecuali, tujuannya untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak kita inginkan. Khususnya mencegah penyebaran epidemi virus corona, ” ungkapnya.

Seperti diketahui, berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, Kamis (30/7/2020) kemarin. Terdata sebesar 233 orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Meliputi sebanyak 46 karakter dalam perawatan, 27 orang wafat dunia, serta sebanyak 160 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status  Suspect   terdata sebanyak 777 orang, terdiri dari sebanyak 72 orang dalam pengawasan, 40 karakter meninggal dunia, serta sebanyak 665 orang dinyatakan sembuh atau Minus Covid-19.   [pin/but]